.

HIDUP TERLALU SINGKAT UNTUK KAMU LEWATKAN TANPA MENGUNJUNGI BLOG INI

Rabu, 20 Februari 2013

Lomba Menulis Cerita Bulanan Kastil Fantasi (DL: 10 Maret 2013)

Kegiatan ini diadakan sebagai ajang mengasah piso latihan, sekaligus unjuk kreativitas, buat teman-teman yang suka menulis atau pengen juga mulai-mulai coba menulis.
Lomba ini rencananya akan diadakan setiap bulan, dengan tema-tema berbeda yang telah disiapkan oleh panitia.
Lombanya santai-santai aja, jadi tidak perlu saling jotos atau gigit-gigitan, meskipun lempar-melempar cabe masih diperbolehkan, dan memberi masukan/saran untuk perkembangan teknik menulis tentunya sangat diharapkan.
Lalu sebagai pemanisnya, setiap bulan panitia akan memilih 1 pemenang yang berhak untuk mendapatkan 1 buku pilihan sebagai hadiah. ^^
Aturan main umumnya:
Cerita yang disertakan harus mengandung unsur fantasi/science fiction.
Penjiplakan karya orang lain tentunya dilarang.
Setiap peserta hanya boleh menyertakan satu entri cerita. Semua cerita di-post sendiri oleh penulisnya di topik ini. Entri-nya boleh juga di-post di tempat lain (misalnya blog pribadi), dengan catatan: menyertakan keterangan kalau ceritanya sedang dilombakan di sini, disertai link ke group Kastil Fantasi.
Panjang cerita maksimal dua post, yang harus di-post secara berurutan. Tidak ada panjang minimal. Sebagai info, maksimal karakter (termasuk spasi) dalam satu post di Goodreads adalah 12.000 karakter. Perlu diperhatikan kalau panjang karakter di MSWord dan Goodreads bisa berbeda, misalnya tulisan italic memakai kode HTML yang menghabiskan tujuh karakter lagi (untuk masing-masing bagian yang di-italic).
Cerita ditulis menggunakan tata bahasa yang baik. Tidak diperkenankan memakai bahasa singkat-singkat ala SMS, apalagi bahasa alay.


Semua cerita yang di-post akan tetap menjadi milik peserta. Bila ingin dikembangkan lebih jauh (misalnya dibuat cerpen atau novel) atau dilombakan ke tempat lain, silakan saja.
Pengomentaran cerita tidak dilakukan di topik soal ini, melainkan di topik komentar. Apabila ada yang menulis komentar di sini, akan di-delete oleh moderator. Kedua topik dipisah demi alasan kerapihan.
Bila ada pertanyaan, bisa langsung dilayangkan ke topik komentar di sini.
Soal untuk kali ini akan sesuai dengan bulan Februari yang berbau-bau “love is in the air” alias Valentine dan erat sekali kaitannya dengan cokelat atau permen:
Dalam rangka menyambut Valentine …
Buatlah cerita yang menggunakan makanan atau cemilan manis (kue, permen, cokelat) sebagai bagian utama dari cerita tanpa melibatkan Valentine di dalam cerita
Contoh pengaplikasian yang kurang lebih serupa dengan soal:
- Sugar Rush dari Wreck-it Ralph
Video trailernya Sugar Rush
- Senjata “Macaroon Spam” milik Chariot
Cuplikan episode 2 Black*Rock Shooter The Series, Black*Rock Shooter vs Chariot
Timeline-nya adalah sebagai berikut:

Timeline-nya adalah sebagai berikut:
  • Setor cerita: 17 Februari - 10 Maret 2013
  • Penilaian: 11 - 24 Maret 2013
  • Pengumuman pemenang: 25 Maret 2013
Sumber: http://lombamenulis.tumblr.com/post/43550599064/lomba-menulis-cerita-bulanan-kastil-fantasi-dl-10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar